Senin, 21 Mei 2012

Keutamaan Bulan Rajab

Kata 'Rojab' diambil dari masdar 'Tarjib' artinya memuliakan. dan disebut pula dengan Al-Ashob (yang tercurah) karena Rahmat tertumpah pada orang-orang yang bertaubatdan meluaplah sinar-sinar diterimanya amal atas orang-orang yang beramal sholih. Juga disebut Al-Ashom (yang tuli) karena dalam bulan itu tidak terdenga suara peperangan, karena sibuk dalam kenikmatan beribadah.

Rajab, adalah nama sebuah sungai dalam surga, airnya lebih putih daripada susu, lebih manis daripada madu, dan lebih sejuk daripada es. Tidak akan meminumnya kecuali oarng yang berpuasa dalam bulan Rajab. Nabi Muhammad SAW bersabda : "Rajab adalah bulan Allah, Sya'ban bulanku, Ramadhan adalan bulan umatku". 

Rajab adalah hari pertama kali Malaikat Jibril as. turun kepada Nabi Muhammad SAW membawa risalah. dibulan Rajab pula Nabi Muhammad Saw di Isro'kan. Nabi Muhammad SAW bersabda, "Ingat...! rajab adalah bulan Allah yang 'Ashom. barangsiapa yang berpuasa sehari dibulan rajab dengan beriman dan dan mencari pahala Allah, maka dia telah mendapat keridhoan Allah yang besar."
   
Abu Hurairah ra. berkata Nabi Muhammad Saw bersabda "barangsiapa yang berpuasa pada hari ke dua puluh tujuh dari bulan rajab, maka dia akan dicatat sebagaimana puasa enam puluh bulan."

Diceritakan , sesungguhnya ada seorang perempuan di Baitil Maqdis. dia membaca setiap bulan Rajab "Qul huwallahu ahad" (QS. Al-Ikhlas) sebanyak 12.000 kali. dia berpakaian bulu dalam bulan rajab, kemudian dia sakit dan berwasiat kepada anak laki-laki supaya pakaian bulunya dikubur bersamanya. Setelah dia mati, dia dibungkus dengan pakaian yang mahal. Lalu anak itu bermimpi, melihat dalam tidurnya dan perempuan itu berkata pada anaknya "Aku tidak senang terhadap kamu, karena tidak melaksanakan wasiatku". Anak itu terbangun dalam tidurnya dalam keadaan terkejut , kemudian mengambil pakaian bulu peninggalan ibunya itu dan kuburan ibunya digali untuk menguburkan pakaian bulu itu bersama jasad ibunya, lalu anak itu bingung karena tidak menemukan jasad ibunya, dan terdengar olehnya suara panggilan "Tidakkah kamu mengetahuibahwa sesungguhnya orang yang berbakti pada Kami dalam bulan rajab, dia tidak akan kami biarkan sendirian ? "

Diriwayatkan bahwa apabila datang sepertiga malam dai permulaan Jum'at di bulan rajab, tidak menetap seorang malaikat pun kecuali memintakan ampun untuk orang-orang yang berpuasa dibulan rajab.

Anas ra. berkata, Rosululloh Saw bersabda "Barangsiapa berpuasa 3 hari dari bulan haram (dzulkaidah, dzulhijjah, muharram, rajab) maka dia akan dicatat pahala ibadahnya selama 900 tahun."

(dari kitab : Mukasyafatul Qolb, karangan Imam Al-Ghozali)




  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar